cemilan n finger food (8-12 bln)

sejak giginya tumbuh dia seneng sekali gigit sesuatu benda-benda yg bisa dengan mudah dia jangkau seperti remote,hp bundanya,sepatu ahh semuanya dehh klu ada barang yg buat dia penasaran pasti ujung2nya masukin ke mulutnya,hehe
waktu 6 bln belum banyak variasi makanan yg bole azumie makan, makanya bunda kasi cuma kasi buah2n dan sayur buat finger foodnya seperti brokoli rebus,wortel rebud,apel,pir dan pepaya yang di potong-potong.
bunda bikin cemilan cemilan yang sehat dan membantu merangsang pertumbuhan giginya buat azumie dan alhamdulillah skg mw 10 bulan gigi azumie udh tumbuh 8 horee🙂🙂

VEGETABLE FINGERFOOD

semua serba buah ;)…potongan buah n avocad with soya

buah potong: pepaya dan melon
puree avocad with soya :alpukad saring + susu kedelai

apple banana papaya yogo

segeerrr😉 yoghurt ternyata bole dikonsumsi baby 6 bln karna baru tau pas azumie usia 8 bln ya wes semangat bikin yoghurt yang dicampur buah2n yg lebih dikenal lasi,reaksi azumie dia seneng bgt ngak ada asem2nya apalagi dingiin…bunda jg sukaa bikin banyak ahhh sekalian,hihi
bahan:
100 cc yoghurt plain
1/2 buah pisang
1/2 buah apel
1 potong pepaya
(semua bahan di blender)

juice beyo (belimbing yoghurt)

beyooo emang buruuung🙂 bukan donk ini minuman segeeeerr kesukaan azumie maniss segeeeer mantabss
bahan:
100 cc yoghurt plain
1 buang belimbing kuning yg manis
caranya:semua bahan di blender

Puding worteL dan Brokoli

makanan fav my girl nihh😉 semua ager dia suka,makanya bunda variasiin sma syur n buah biar tambah bergizi..
Puding wortel
100 gr wortel kukus haluskn
1 sdm agar bubuk putih
50 cc susu kedelai
100 cc air
caranya:masak agar2 sampai mendidih,matikan api tunggu uap nya hilang masukan wortel dan susu kedelai masukn dlm cetakan

Puding Applepir yohreat

segeeeer mamam puding ygg asem manis dari buah dan yoghurt😉
bahan:
1 buah apel(blender)
1 buah pir(blender)
5 sdm yoghurt plain
1 sdm agar2 putih
150 cc air
caranya:
masak agar2 sampai mendidih matikan api masukan yoghurt dan juice applepir aduk lalu cetak dan dinginkan…

Puding Dragonfruits

lucuuuu bentuknya tp klu dah dikasiin azumie udah dehhh amburadul😦
bahan:
1 sdm agar2 wrn merah
1/2 buah naga potong2 kecil
50 cc susu kedelai
100 cc air
caranya:didihkan air+agar matikan api tunggu sampai uap hilang masukan susu kedelai aduk rata masukn kdlm cetakan lalu beri potongan dragonfruits dan dinginkan…

Puding Beras Merah with apple saos

boseeen nihh dibikin bursu muluuuu😦 akhirnya dibikin yg kenyal kenyal dehh😉
bahan:
1 sdm tepung beras organik
50cc juice apel(apel dblender dgn 75 cc air)
75 cc susu kedelai
1 sdm agar2 plain
100 cc air
saos apel
100 cc jiuce apel(1 buah apel dblender dgn 100 cc air matang)
1 sdm maizena larutkan
masak juice apel dan kentalkan dgn maizena

caranya:masak air+agar+tepuung beras+juice apel sampai mendidih matikan api masukan susu kedelai adok lalumasukan dlm cetakan dan dinginkan..siram dgn saos apel..

Nugget Sate (Salmon Tempe)

fingerfood kesukan zumie zumie tayankk😉
bahan:
Tempe setengah papan
100 gr Salmon
1/2 bh Wortel jepang
Keju parut sesukanya
1 btr telur ayam
1 siungBwg putih
1/4 Bwg bombay
Olive oil
Oat
Caranya:
Tumis bwg putih,bwg bombay,wortel,salmon dengan olive oil(sebentar aja ampe kecium wangi bwg)lalu masukan bersama tempe,keju,telur ke dlm blender (kecuali oat)dan kukus slama 15 menit setelah dingin potong2 lalu gulingkan ke dlm oat dan dinginkan kdlm frezer…setelah aga beku bisa digoreng bentar dgn olive oil

Banana Panggang with chesee

lg laahap2 nya makan ehh gigi nya tumbuh lg jd GTM dehh😦 bunda coba bkn mkn kesukaannya banana ohh banana
bahan:
1 buah pisang sunprice
keju parut
1sdm unsaltedbutter
caranya:psanggang pisang dpan dgn unsaltedbutter tunggu sampai kurleb lalu taburi keju parut

Cake WorteL

bahan:
setengah potong wortel kukus
100 gr oat
2 btr kuning telur
100 gr oat
2 sdm olive oil
3 sdtakar sufor
caranya:kocok telur campur bahan lainnya masukan kdlm cetakan yg sudah dbeli margarine taburi keju parut dan oven 15 menit}

Banana Chesee Cake

bahan:
100 gr oat
2 btr kuning telur
2 sdm olive oil
1 buah pisang ambon haluskan
keju parut
kismis cincang kasar
caranya: kcook telur sampai mengembang masukan pisang,olive oil dan oat aduk rata masukan kedlm cetakan dan beri taburan keju lalu masak di double pan 10 menit..

Puding Biskuit

Puding Biskuit

dapet hadiah biskuit bayi dari sponsor pas bayi sehat kemarn sayang klu ngak dmakan azumiepun ngak doyan klu cuma digadoin doank yg ada jd maenannya…jadilah resep karangmengarang indah,hihi…
bahan:
1 sdm agar2 putih
100 cc air
2 keping biskuit
caranya:didihkan air n agar2 masukan biskuit yg sudah dhancurkan aduk rata matikn api lalu cetak dan dinginkan…

Skotel Kentang

yummybabyfood azumie suka suka suka😉

kentang parut+wortel parut+kuning telur omg3+unsalted butter+keju parut(semua bahan dkukus)»

Banana Skutel with chesee

yang manis dan legit sarapannya zumie-zumie tayank…
Bahannya:
Pisang ambon 2 buah(haluskan)
kuning Telur 1 buah
unsaltedbutter 3 sendok makan(lelehkan/cairkan)
Sufor 100 cc
Keju parut(sesuai selera)
Marie biskuit 4 keping

Caranya:
Kocok telur,campurkan semua bahan kecuali marie,susun marie dcetakan masukan adonan tabur keju parut lalu kukus di dandang ampe 15 menit
~have nice cooking^_~

Apple oat Cookies

buat digigit2 bisa juga dilempar2 sesukanya tp asli malah bunda yg doyan kue ini enaknya tuhh kalau udah abis dimulut berasa pengen lg,,,hihi yummy dehh pokoknya…

bahan:100 gr oat yg sudah dihaluskan,70 gr terigu,50 gr unsaltedbutter,250 cc jus apel(1 buah apel dblender dgn 250 cc air matang),50 gr (kismis cincang)

caranya:campur semua bahan kecuali kismiss aduk sampai menjadi adonan giiling ceteak dengan cookiecutter dan beri kismiss diatasnya lalu oven 15 menit..

86 thoughts on “cemilan n finger food (8-12 bln)

  1. Rizka Amalia says:

    Bun Babyq skrng umur 8 bln, lg susah makan 2 hari ini..ada cara ya ga bun biar selera makannya.balik lg?😦

    • Lagi GTM yaa..kalau pengalaman anakku lagi susah makan cari suasananya di ajak main atau coba makan bareng kita deh biasanya babyku kalau makan rame rame suka dia,biarin aja dia makan sendiri..

    • biasanya anak itu moodyan yaa,hehe setau pengalaman aku azumie itu mau makan kalau bareng2 atau biarin dia makan sendiri,biasanya anak malas makan karna malas mencoba makanan baru,kalau lagi gak mood kasi aja makanan yang dia suka,ntar pelan pelan baru kasi makanan baru,oyaa makan juga harus nasi yang penting karbo,protein dan seratnya terpenuhi jd gpp klu dia mau roti atau pisang aja,terus kasi makan sedikit tapi sering..

  2. dewi says:

    Bunda helep..helep dun..
    Baby q umur 10 bln,dan skg lg susah2nya makan.pdhal sblmnya makannya lahap.tp habis pindah2 kota(mudik lebaran)skg jd susah.mngkin karna kondisi yg tdnya sepi skg rame.
    Makanya ampun2nan.
    Untungnya segala sayuran mau.tp klo dah liat nasi..terkunci rapat.
    Umur 10bln sdh bolehkah mengkonsumsi garam gula mentega(blueband).
    bunda mohon bantuannya.

    • gula garam skip dulu sampai 1 tahun ya bunda,kalau mau gurih mending pake mentega yang unsalted beda bukan margarine,mentega warnanya putih itu dari lemak hewani,bnyk ko aku biasanya pake merk orchid(bkn promo),masalah makan nasi susah itu musuh anakku juga,hehe makanya aku cari karbo lain selain nasi,atau tak menampkan wujud nasi jd nasinya aku campurin telur misalnya.

      • dewi says:

        Alhamdulillah peganti nasi saat ini kentang rebus sama makaroni.
        Tp kira2 dlm satu hari paling ga musti habia brp ya bun?
        Yg berbau amis skg ga mau.mungkin karna pernah waktu itu dipaksa eyangnya makan ikan kuthuk(klo org jawa nyebutnya sih gt), nah dr situ sama kali tdk mau yg namanya telor,ikan,ayam.kr2 gmn ngatasinyya ya bun?maaf bun,banyak nanya…(ibu baru)hehe masih panikkan.
        Makasih infonya bun.

  3. yang penting total kalorinya kalau sekali makan masuk 5 sendok itu udah lumayan,nanti coba suapin lagi,dia msh mau ngemil buah atau biskuit,itupun udah cukup,perutnya juga msh kecil,dan ini kan msh mpasi makanan pendamping utamanya yaa tetep asi,kalau telur ikan atau ayam coba campur2 di buat makaroni kukus misalnya..makaroni rebus+telur+bwg putih+ikan(kukus bentar)+wortel parut>campur semua bahan lalu kukus..ikan bisa di ganti ayam..biasanya klu dbuat cemilan gt anakku mau,semoga membantu yaa..

  4. mama ghifary says:

    Bun numpang nanya jg ya…, babyku usia 8 bln, biasany kl pas aku mau ngasih MPasi nasi, langsung aku campur ama sayuran dan ikan kemudian diblender jd satu, kira2 gimana bun save ga ya untuk kandungan gizinya????,

  5. bunda alisha says:

    Bunnnn,,resepnya ok banget,,tapi anakku alergi susu sapi,,jadi ga bisa pake keju atau yaghurt,,kira2 gantinya pke apa ya ?? Butuh pencerahan neh,,, hehehe.. Thks

  6. Mike says:

    Bunda Azumie, mau nanya dunx itu menu camilan di atas ada campuran susu kedelai. Nah itu susu kedelainya beli jadi ato bikin ya? Kalau yg beli jadi kan biasa udah manis pastinya ada tmbhan gula. Kalau beli yg tawar gitu bisa beli dimana ya bun? Tks infonya…🙂 #sekalian ijin copas menu camilannya ya bun, anak ku br 8 bulan tp giginya baru 2 hiksss…#

    • Aku pesen ke tetangga dpn rumah kebeneran suka buat susu kedelai aku minta gak pake gula,klu bikin si pernah nyoba cuci bersih kacang kedelai,rendam semalaman lalu cuci lagi sampe airnya bersih blender saring dan panaskan deh,ribet yaa,hii sama aku jg skalinua doank bkn soalnya gak pernah abis,hehe

  7. sekarita says:

    mba ijin copas yah..anakku mau mulai MPASI, liat resep2nya jadi bersemangat bikin makanan homemade buat dia🙂 makasiiii:)

  8. anha queen says:

    Bun,,,,babyq dah maw 10bulan tp klo dikasih bubur tim gak mau,,,mawnya sih diblender dl pdhal giginya dah 7….gmn yah..?trus kl unsalted butter itu yg bgmn sih?

    • Wahh giginya dah banyaaak…
      Coba pelan2 kasi tim yg dblend tp blendernya sebentar aja jgn terlalu haluus..
      Unsalted butter itu Mentega tanpa garam bund bnyk ko djual dsupermarket besar aku biasa pke merk orchid,dsupermarket,unsalted butter biasa dtaronya di area deket keju,yoghurt.

  9. arin_anda@yahoo.co.id says:

    bunda…. mkasihy ats ilmuy. bermnfaat sekali..
    ohya mau tya untuk agar2 ya yg di pakai agar2 biasa pa gimana…
    terus untuk keju ya tu keju pa ya bun biasay merk y…

    • Aku pakai agar2 swal*w yg biasa bnyk di jual,tp usahakan yg plain ya jgn yg berwarna warni..warna warninya bsa dkombinasikan dengan buah2n atau sayur
      Klu keju aku cari yang kadar garamnya rendah,aku pakai prociz

  10. bunda EL says:

    Bunda zumie Te Op Pe, well mommy bingit..
    Mow nanya bun.. EL kan usianya 7m, sejauh ini EL msh blm kenal sufor bun, alhamdulillah masih ASI, kira2 utk penambahan ASIP gmn bun?mengingat katanya ASIP gak blh dimasak diatas api ya.. Tq😉

    • Alhamdulillah semangat ASI terus yaa mom..
      ASIP itu memang tidak boleh dimasak diatas api tp cukup dhangatkan aja,kita sediakan air hangat saja tidak perlu mendidih lalu simpan botol isi asip kdlm wadah air hangat buat dhangatkan..
      Kalau dari freezer keluarkan dlu di ciller sampai mencair kalau mau mimi baru hangatkan..

  11. ummu alif says:

    Bunda Azumie,mksh bgt resep2ny,membantu bgt<3
    Oya bund,Alif sdh 11bln tp baru mau numbuh gigi 1,sbnrny suka nyemil tapi slma ini klo ksih buah potongan sllu kesedak,jd parno. Menu yg cocok.apa y bund buat yg blm ad giginy? Oat yg bunda mksd itu quacker oat diblender lg gt kah?

    • Sama2 bundsay..
      Buahnya coba cari yang lembek seperti pepaya,kalau apel sma pir kukus dlu,trus potongnya agak besar2 aja bund..
      Iyaa bund aku biasa pke quaker tp yg birunyaa di grinder dlu biar halus baru dmasak..

  12. Alhamdulillah sangat menginspirasi banget resep2nya terima kasih bunda….semoga azumie sehat selalu ya dan hanya Allah yang dapat membalas dengan pahala yg berlimpah atas ilmu yang sangat bermanfaat ini…amiin

  13. puri says:

    hi bunda azumie.. salam kenal. ih keren bgt deh semangat kreasi nya.. jd pengen coba. babyku 8 bln. alhamdulillah dah tmbuh giginya. bisa dikasih cemilan yg mana ya diantara resep2 bunda azumie di atas? btw,kl program ASI, apa bole dikasih susu soya? tks

  14. Dwiagris Tiffania says:

    Waah..bunda Azumie..alhamdulillah banget bisa intip resep camilan Azumie nih. Azumie sekarang usia berapa, bunda? Anakku Kana (9m) kalau weekdays sekolah di daycare. Kemarin itu miss-nya sempat tanya tentang camilan Kana, karena katanya teman-temannya di sekolah dibawain biskuit sama orangtuanya buat camilan, kasihan juga karena Kana suka ngelihatin teman2nya ngemil. Setelah cari-cari info, tapi saya agak ragu membelikan Kana biskuit karena ada kandungan gulanya. Alhamdulillah sekali nemu postingan bunda ini, hihii..mau menyontek yaa, bunda. Oya, kalau camilan seperti puding atau kukis gitu bisa tahan berapa lama ya (masih aman diberikan untuk baby setelah dimasak)? Apakah untuk sekali makan atau bisa untuk seharian? Soalnya kan kalau makanan baby sesegera mungkin harus dihabiskan.. Trims infonya ya, bunda.. =)

  15. Yayu Romdhonah says:

    Bunda azumie kerreen! Copy resep2nya ya. Mau cobain ke aisyah (10 mo). Dia underweight,6.1kg, byk alergi, termasuk sufor sapi, telur, ayam. Kl susu kedelainya diganti sufor soya yg biasa dia minum gmn bun? Thank you yaaa

  16. shasa says:

    Alhamdulillah…. sangat membantu sekali info resep2 na… share ya bund, danesha 10m, Alhamdulillah sampai sekarang masih asi, tp udah ga prepare asip lagi, kira2 buat ganti susu na selain sufor ada ga, sebaik na pake ap ya bund? Makasih info na

  17. Nunung Bunda Sena says:

    Alhamdulillaah…seperti dapat hadiah undian deh rasanya lihat resep2 yg kreatif skali. Tks ya bunda utk info resep2nya. TOP bingitsss. Anakku baru saja sembuh dr sakit. Hampir seminggu badannya panas dan gak mau makan. Bingunggg dan sedih. Alhamdulillah skrg sdh sembuh dan makannya blm normal spt biasa. Jadi gak sabar kepingin mencoba resep bunda azumie ini. Mudah2an anakku suka. Skali lagi tks ya sdh berbagi resepnya.

  18. dian lestari says:

    Mkasih bunda resep2nya top banget,,sangat membantu untuk anakku usia 10 bulan.bunda..tu susu kedelai sma dngan air tahu bkn?soalnya ditmpt perantauanku bnyk yg jualan air tahu.

  19. katri rd says:

    Bun mau tanya oat yg dpake bwt bkin cake wortel itu diblender halus dlu trs diayak smpe jd tepung ya? Trs olive oil klo bwt bkin cake bsa dganti unsaltedbutter kira2 ukurannya brp ya? Trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s