resep mpasi 6-7 bln

awal mpasi azumie bunda kasi puree buah,sayur dan tepung beras

Resep Kaldu ayam/sapi
1 liter air
1/2 kg ayam/sapi
caranya:rebus air hingga mendidih masukan ayam/sapi masak hingga matang setelah masak saring dan ambil airnya simpa di ice cub

PUREE PEPAYA
100 gr pepaya
100 cc asip/air matang
caranya:saring pepaya lalu campur dengan asip atau air

PUREE PIR HIJAU
1 buah pir hijau kupas kulitnya
100 cc asip/air matang
caranya:blender pir lalu campur dengan asip atau air

PUREE ALPUKAT
1 buah avocad mentega
150 cc asip/air
caranya;saring avocad lalu campur dengan asip/air

PUREE APEL
1 Buah apel merah yg manis icip dulu lalu kukus
100 cc asip/air
caranya:saring apel kukus campur dgn asip atau air

SWEET PIR KABOCHA PUREE
100 gr kabocha kukus
100 cc asip
1 Buah pir hijau
caranya:campur dan blender semua bahan

MASHED POTATO WITH APPLE PUREE
1 buah kentang kukus
1/2 buah apel kukus
150 cc asip/air
caranya:blender semua bahan campur dgn asip/ air matang

BUBUR SUSU UBI UNGU
100 gr ubi ungu kupas kukus
100 cc air matang
50 cc asip(asi perah)
caranya:haluskan ubi kukus lalu campur dengan air dan siram asip

BUBUR SUSU BERAS MERAH
1 sdm tepung beras merah organik aku pke gasol
100 cc air matang
100 cc asip
caranya:masak tepung beras dengan air aduk hingga tercampur dan mengental setelah masak campur dengan asip

PUREE ZUCCHINI
1 buah zucchini kukus dan blender ngak perlu tambahin air dah encer bgt,hihi

SWEET CORN PUREE
1 buah jagung ampil pipilnya lalu rebus
100 cc asip/air matang
caranya:blender semua bahan

MIX VEGE PUREE
100 gr buncis baby
100 gr labu air
100 gr zucchini
50 cc asip
caanya:rebus sayur lalu blender dan campur dgn asip

BUBUR SUSU PEPAYA
1 sdm tepung beras putih organik
100 gr pepaya
100 cc air kaldu
50 cc asip
caranya:blender pepaya dan air lalu campur dengan tepung lalu masak hingga mengental setelah masak masukan asip

PUREE COKLAT
1 sdm tepung organik pisang
1/2 potong pisang ambon
1/2 potong apel
100 cc air matang
50 cc asip
caranya: blender semua bahan kec asip lalu masak dgn api ecil aduk sampai mengental campur asip

PINKY PUREE
Sekilas kaya bubur beras merah tp ini lain,hihi
1 sdm tepung kacang merah organik
1 buah jambu biji merah buang bijinya
100 cc air matang
50 cc asip
caranya:campur dan blender semua bahan kec asip lalu masak hingga mengental setelah matang campur asip…

84 thoughts on “resep mpasi 6-7 bln

  1. Bunda Nindi says:

    Anakku 1,5bln lg MPASInya, makanya aku browsing resep2 dari skr. Merasa terbantu deh krn diary bunda. Makasih ya bun…

  2. Lily says:

    Salam kenal. Tepung nya bikin sendiri dari bahan organik atau sudah ada yg jual tepung organik ? klo lgsg pake tepung (bahan) organik, bisa dibeli dimana? Tq.

    • Salam kenal juga bunda🙂 kalau itu kebetulan beli yang organik tepung gasol organik tapi si anakku kurang suka makanya aku suka buat sendiri..
      Resep tepung beras merah
      1 cup beras merah jemur
      Haluskan beras merah yang udah di jemur dengan grinder lalu sangrai
      Simpan di tuppy deh..
      Kalau mau beras putih,coklat atau kacang ijo juga sama🙂

      • bunda Rafi Rafa says:

        Klo sy mulai dr anak pertama selalu membuat tepung sendiri (beras putih, beras merah, kacang hijau). Sy pilih yg organik. Mula2 ambil 1 cup 1 bahan diatas, lalu cuci setelah dicuci ditiriskan smpe airnya hilang kemudian disangrai. Gunanya selain u/ menghilangkan air jg u/ membuat agar bs tahan lama saat sdh jd tepung. Setelah disangrai dinginkan baru di blender ato dihaluskan kemudian diayak. Jadi deh tepung bikinan Bunda u/ si buah hati. Selamat mencoba dan selamat berkreasi menu u/ si Ade.

      • Saya sejak anak ke 2 ini gak di kenalin tepung lebih suka memasak bubur langsung dari berasnya,kacang hijau juga lebih enak dimasak langsung dri kacangnya,karna dulu azumie juga gak begitu lama dengan tepung dia lebih suka tekstur bubur dari beras langsung begitu jg shinji sekarang,tepungnya paling di buat cookies homemade🙂

  3. pipie says:

    makasih resepnya..🙂 mau tanya boleh? kentang buat 6m gapapa ya? kalo baca di MPASI perdana cihuy rasanya kentang belum buat 6m, tapi di beberapa buku resep seperti ayahbunda, kentang udah dipake di 6m, kalo anak bunda bermasalah ga makan kentang? makasih..🙂

    • mungkin karna zat pati yg terkandung dlm kentang (cmiiw)waktu itu saya kasi kentang buat azumie saat 6m di minggu terakhir,alhamdulillah gpp dia suka,harus dcoba selama 3hari dia alergi apa engga,jd dlm 3 hari harusnya si 4 hari gak ganti2 makannya kentang terus,bosen si yang buatnya tp yg makannya engga dan ini bertujuan untuk mengetahui alergi terhadap makanan jd klu mau dkenalin makanan baru harus satu itu saja yg dkasi..

  4. eva dy says:

    Salam bunda,
    Klo ASI diganti sufor blh ga? Oh y,tepung beras nya klo buat sndri, dicuci dlu lalu djemur y bunda? Makasi bunda jawabnnya

  5. Shinta Tyara Mega says:

    Waaaaah makasih bunda, resepnya ngebantu bgt baby cherise 2mgg lg mulai mpasi dan maminya masih bingung mau kasih makanan apa pertama kali yg baik buat baby cherise. Mudah2an bunda bisa bantu jawab thanks

  6. novi says:

    Tx buat resep mpasinya bun. Bayiku dah dkasi makan selama 2 hari stlh lulus asi eksklusif tapi smua bubur saring ga ada yg mau dtelan. Puree akhirnya jd pilihan saya

  7. bundanya abil says:

    Mlm bunda,bunda q ℳāυ tanya.klo bkin bubur dari beras pth/bras merah di cuci langsung [d̲̅i̲̅] msak boleh gak?mksih

  8. bunda alya says:

    terimakasih bunda resepny…baby ku 2 minggu lg mau mpasi…bunda mksdny di saring ap y bunda ? ap d parut dg food maker gt ? maaf bunda new mom..hee

  9. Rinna Diana says:

    Bun.mksh ya resep2 nya sangat bermanfaat..kebetulan putra pertamaku 2 mgg lagi akn MPASI. Oh ya, 1 resep untuk 1x makan y kemudian sehari udh makan brp kali 2 or 3 kali kah. Thanks bun…

    • 1 resep bisa buat 2x makan atau lebih tergantung babynya, dlu untuk awal2 mpasi cukup ko 1x sehari namanya jg masi pendamping n pengenalan bertahap nanti bisa dsesuaikan kebutuhan makanannya pagi,siang,sore asi tetep anytime,hehe

  10. dewi says:

    salam kenal ya bunda,saya mau tanya kalau tepung beras yang membuat sendiri lama penyimpanannya bisa sampai berapa lama ya?terima kasih

  11. Azhar says:

    Bunda salam kenal…. anakku baru masuk 7 bulan… sebulan yang lalu udah mpasi pakai pure buah….. ini mau ganti juga pakai sayur dan lauk…tolong pencerahanya resepnya apa bun….??

  12. Ariesta says:

    Waaa… Senengnya… Baby Qia ku akan makan bermacam menu lezat… Makasih ya bun buat resep2nya
    Mo mulai coba bikin tepung beras & kacang ijo nya… Klo disimpan bisa tahan smp brp lama ya bun?

  13. uti Kean says:

    makasih bunda cantik…resep2nya membantu kami memberikan mpasi buat sikecil…cuma mau tanya kalau membuat tepung beras sendiri, disangrai dulu baru digiling atau digiling dulu baru disangrai?.., apa bedanya bun?

  14. Shinta Tyara Mega says:

    Please help! Gimana cara atasi baby yg mulai mpasi tp mengalami GTM (Gerakan Tutup Mulut) baby cherise 6m3w sudah 1mgg ga mau makan, klo punya resep2 bubur saring bisa bunda share ga? Thanks

    • Biasa bund klu anak GTM dcari aja dlu penyebabny apa,apa karna mau tumbuh gigi,atau malas mencoba makanan baru,coba dkasi yg dia suka aja dlu pelan2 dcoba makanan baru,baby jg punya insting lapar ko dia bakalan kelaparan jg,makannya dikit2 aja tp sering,yg penting Asi nya tetep mau makanan masi pendamping tp tetep dcoba buat nyuapinnya yaa..

  15. bunda zhia says:

    Izin share ya bunda azumie.. mo nanya.. klo wortel gmn.. dkukus dulu br dlembutkan.. ato mentah di juicer n diambil airnya?

  16. yuli ermawati says:

    Mksh bun bt resep2ny..sgt membantu skli.. mau tany ni bun..anakku g suka ma gasol yg kcg ijo..sllu GtM..cara ngatasiny gmn y bun?pdhlunt gasol rasa yg lain suka. Syg kn bun..br dicobain sekali..trus g dipakai lg..

  17. yuli ermawati says:

    Nanya lg ya bun..unt kaldu yg disimpan..bisa thn brp hr ya? Unt pembuatan puree..1x unt pagi.siang.sore y bun?Mksh bunda…

  18. haiii bun mw tanya,, kl sangrainya brp lama ya??? trus kl mw sangrai beras atau kacang ijo dll itu harus pake yang organic atau bisa pake yang biasa yang beras2 dijual dipasar…gilingnya bisa pake mesin yang ada di jasa penggilingan beras gak ya??? soalnya aq punyanya blender aja

    • Di sangrai sampe gurih bun,wangi gt berasnya,berasnya si bole apa aja lbh bagus organic,klu bsa si giling sendiri yaa klu dtempat lain gak tau kebersihannya,bunda pnya blender kan pasti ada blender yg kecilnya itu biasa buat bumbu pke itu,dgiling ampe halus tp klu mau yg bertrekstrur jgn terlalu halus gilingnya..

  19. angel says:

    Alloo bunda, anakku 1 minggu lg mulai mp asi nya. Aku masih bingung nih, sbnrnya klo mau bikin bubur susu gitu lebih bagusan mana berasnya dicuci, dijemur,digiling n disangrai baru dimasak atau berasnya dicuci, direndam 1-2 jam n langsung dimasak campur pake air/asip ? Soalnya aku pernah baca kedua cara itu, makanya jd bingung. Thx ya bunda.

  20. Bun salam kenal yaa.. Anakku kanez jg udah 3mnggu nih MPASI.. Pengen bgt nyobain beras merah dan kacang hijau.. Kalo beras merah tu bisa diMix dengan apa za yah?? Trz klo biar ada rasanya dikasih apa yah bun. Mkasih bun..

  21. Salam kenal bunda..kanez jg uda6blan 3mnggu niyh dikasih MPASI.. Aku jg sering bgt searching2 web ttg menu MPASI.. Nah mau nyobain kacang hijau nya niyh.. Kalo dibikin tepung sendiri kacang hijaunya gmnayh bunda?? Mohon sharingnya yah.. Thx before beauty mom..😉

  22. adintha says:

    bun,mau tanya untuk anak yg baru pertama mpasi untuk pengenalan pertama ukurannya seberapa ya? 1 sendok teh gasol ato seberapa? trims

  23. ulvi says:

    Bun klo u pengenalan 1 rasa smpi brp lm? Dan itu klo dibikin skaligus u pagi,siang,sore. Buahnya g akan berubah warna n bau y? U penyimpanannya yg baik dmn? Trimakasih y bun…

    • Untuk pengenalan 2 minggu menu tunggal buatnya bisa sekaligus taro di wadah kedap udara masing buat pagi siang sore simpan di kulkas nanti tinggal di hangatkan biasanya saya taro aja wadahnya di magic com..

  24. Birgitta says:

    Mom, mau tanya donk… kalau bikin puree atau bubur susu pakai ASIP yang sudah dihangatkan atau ASIP dingin juga boleh? dicampurnya saat di blender ya? terus kalau makanannya dibekukan, apa tidak apa2 ya? kan klo ASIP yang dihangatkan ga bole didinginkan kembali tuh… mohon bantuannyaaa…

    Terima kasih

    • Jadi gini mom sebaiknyaa kasi asip saat mau dikasi makan,baru itu asip campurin ke makanannya sementara makanan yg mau disimpan jgn dlu di campur asip nanti sja saat mau dikasi ke baby,asip dingin jg boleh,sebaiknya asip gak diblender sma makanannya jd asip buat pengencer aja😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s